Total Tayangan Halaman

Minggu, 17 Februari 2013

Contoh RPP baru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SMA
“STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN”
Satuan Pendidikan                  : SMA
Mata Pelajaran                        : Biologi
Kelas/Semester                        : X/2
Materi Pelajaran                      : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Alokasi Waktu                        : 1 X 30 menit
I.     Standar Kompetensi          : 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks saling temas
II.  Kompetensi Dasar             : 2.1 Mengidentifikasi struktur jarinangan tumbuhan dan mengaitkan dengan fungsinya menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
III.   Indikator                         
a.       Kognitif
1.                  Produk
Ø  Mendeskripsikan  pengertian jaringan
Ø   Menjelaskan macam – macam jaringan pada tumbuhan
Ø  Menjelaskan keterkaitan sifat totipotensi jaringan tumbuhan sebagai dasar kultur jaringan dan penerapannya dalam konteks salingtemas
Ø  Mengaitkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Ø  Menyebutkan organ – organ pada tumbuhan

2.                  Proses
Ø  Mengamati struktur jaringan tumbuhan
Ø  Mengidentifikasi berbagai macam jaringan tumbuhan
Ø  Menganalisis keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Ø  Menganalisis organ – organ pada tumbuhan
Ø  Menganalisis sifat totipotensi pada jaringan tumbuhan sebagai dasar kultur jaringan
Ø  Membandingkan jaringan yang ada pada tiap organ tumbuhan.



b.      Psikomotorik
Ø Melakukan pengamatan struktur jaringan tumbuhan menggunakan mikroskop dan gambar penampang melintang daun, batang atau akar.
c.       Afektif
1.      Karakter
Ø Menunjukan perilaku berkarakter meliputi teliti, jujur, peduli, bertanggung jawab, bekerja sama, menghargai pendapat teman
2.      Keterampilan Sosial
Ø Menunjukan kemampuan keterampilan sosial meliputi bertanya, berargumentasi atau berpendapat.
IV.   Tujuan Pembelajaran       
a.       Kognitif
1.                Produk
Ø Siswa mampu mendeskripsikan  pengertian jaringan
Ø Siswa mampu menjelaskan macam – macam jaringan pada tumbuhan
Ø Siswa mampu mengaitkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
2.                Proses
Ø  Siswa mampu mengamati struktur jaringan tumbuhan
Ø  Siswa mampu mengidentifikasi berbagai macam jaringan tumbuhan
Ø  Siswa mampu menganalisis keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

b.      Psikomotorik
Ø Diberikan alat mikroskop dan daun , siswa mampu mengamati struktur jaringan tumbuhan dan mampu menjelaskan fungsinya.
Ø Diperlihatkan gambar penampang melintang daun, batang atau akar, siswa mampu mengidentifikasi macam – macam jaringan tumbuhan dan mampu menjelaskan dan mengaitkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
c.       Afektif
1.    Karakter
Ø Selama  proses pembelajaran siswa terlibat dan menunjukan kemampuan dalam prilaku berkarakter yang meliputi sikap teliti, jujur, peduli, bertanggung jawab, bekerja sama, menghargai pendapat teman.
2.                                                    Keterampilan Sosial
Ø Selama proses pembelajaran, siswa terlibat dan mampu menunjukan kemajuan dalam keterampilan sosial yang meliputi bertanya, memberi argument atau pendapat dan mampu berkomunikasi dengan siswa lainnya.
V.  Materi Pembelajaran          
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
-  Pengertian jaringan
-  Macam – macam jaringan dan fungsinya
-  Organ – organ tumbuhan
-  Sifat totipotensi tumbuhan sebagai dasar kultur jaringan ( terlampir)
VI.   Model , Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran  : Contextual Learning (CTL)
Metode Pembelajaran         : Diskusi, tanya Jawab , eksperimen
Model Pembelajaran           : Cooperative Learning
VII.Alat dan Bahan                :
Alat                                                : LCD , laptop, Mikroskop
Bahan                                 : Daun , Gambar / foto
VIII.       Berbasis ICT / Internet:
Free download animasi untuk struktur jaringan tumbuhan

IX.   Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Aktivitas KBM
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Orientasi
Guru menampilkan gambar slide di depan kelas yang berkaitan dengan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Siswa mencoba menyampaikan argumentasinya tentang slide tersebut
Apersepsi
Guru meminta siswa untuk menyebutkan beberapa contoh jaringan tumbuhan
Siswa memberikan pendapatnya tentang contoh-contoh jaringan tumbuhan
Motivasi
Guru mengarahkan siswa tentang arti penting tentang jaringan tumbuhan
Siswa mencatat penegasan guru tentang arti penting jaringan tumbuhan
2.      Inti
Aktivitas KBM
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswaz
Eksplorasi
Guru mengarahkan siswa untuk bekerja sama dengan mengelompokan siswa menjadi 8 kelompok yang beranggotakan 4-5 siswa, untuk mengamati struktur jaringan tumbuhan dan menganalisis fungsi jaringan tumbuhan tersebut
Siswa mengamati dan berdisikusi serta mencatat jaringan – jaringan pada tumbuhan beserta fungsinya
Elaborasi
Guru  membimbing siswa untuk menyampaikan hasil pengamatan yang telah mereka lakukan dengan meminta salah satu anggota kelompok untuk mempresentasikannya.
Siswa berusaha menyampaikan hasil pengamatan mereka   didepan kelas dan siswa dari kelompok lain mendengarkan dengan baik.
Konfirmasi
Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan hasil pengamatan.
Siswa menyimpulkan hasil pengamatannya
Penutup
Guru membimbing siswa merangkum konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Guru memberikan tugas untuk mengerjakan LKS yang telah diberikan
Siswa menyimpulkan konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan mengerjakan tugas di LKS

X.                   Sumber dan Bahan Pembelajaran

1 komentar: