RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN SMA
“STRUKTUR DAN FUNGSI
JARINGAN TUMBUHAN”
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/2
Materi Pelajaran : Struktur dan Fungsi Jaringan
Tumbuhan
Alokasi Waktu : 1 X 30 menit
I.
Standar Kompetensi :
2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan
serta penerapannya dalam konteks saling temas
II. Kompetensi Dasar : 2.1 Mengidentifikasi struktur
jarinangan tumbuhan dan mengaitkan dengan fungsinya menjelaskan sifat totipotensi
sebagai dasar kultur jaringan
III.
Indikator
a.
Kognitif
1.
Produk
Ø Mendeskripsikan pengertian jaringan
Ø Menjelaskan macam – macam jaringan pada
tumbuhan
Ø Menjelaskan keterkaitan sifat totipotensi jaringan tumbuhan sebagai
dasar kultur jaringan dan penerapannya dalam konteks salingtemas
Ø Mengaitkan struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan
Ø Menyebutkan organ –
organ pada tumbuhan
2.
Proses
Ø Mengamati struktur
jaringan tumbuhan
Ø Mengidentifikasi
berbagai macam jaringan tumbuhan
Ø Menganalisis
keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Ø Menganalisis organ –
organ pada tumbuhan
Ø Menganalisis sifat totipotensi pada jaringan tumbuhan sebagai dasar
kultur jaringan
Ø Membandingkan jaringan yang ada pada tiap organ tumbuhan.
b.
Psikomotorik
Ø Melakukan pengamatan
struktur jaringan tumbuhan menggunakan mikroskop dan gambar penampang melintang
daun, batang atau akar.
c.
Afektif
1.
Karakter
Ø Menunjukan perilaku
berkarakter meliputi teliti, jujur, peduli, bertanggung jawab, bekerja sama,
menghargai pendapat teman
2.
Keterampilan Sosial
Ø Menunjukan kemampuan
keterampilan sosial meliputi bertanya, berargumentasi atau berpendapat.
IV.
Tujuan Pembelajaran
a.
Kognitif
1.
Produk
Ø Siswa mampu
mendeskripsikan pengertian jaringan
Ø Siswa mampu
menjelaskan macam – macam jaringan pada tumbuhan
Ø Siswa mampu
mengaitkan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
2.
Proses
Ø Siswa mampu
mengamati struktur jaringan tumbuhan
Ø Siswa mampu
mengidentifikasi berbagai macam jaringan tumbuhan
Ø Siswa mampu
menganalisis keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
b.
Psikomotorik
Ø Diberikan alat mikroskop
dan daun , siswa mampu mengamati struktur jaringan tumbuhan dan mampu
menjelaskan fungsinya.
Ø Diperlihatkan gambar
penampang melintang daun, batang atau akar, siswa mampu mengidentifikasi macam
– macam jaringan tumbuhan dan mampu menjelaskan dan mengaitkan struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan.
c.
Afektif
1.
Karakter
Ø Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan
menunjukan kemampuan dalam prilaku berkarakter yang meliputi sikap teliti,
jujur, peduli, bertanggung jawab, bekerja sama, menghargai pendapat teman.
2.
Keterampilan Sosial
Ø Selama proses
pembelajaran, siswa terlibat dan mampu menunjukan kemajuan dalam keterampilan
sosial yang meliputi bertanya, memberi argument atau pendapat dan mampu
berkomunikasi dengan siswa lainnya.
V. Materi Pembelajaran
Struktur dan Fungsi
Jaringan Tumbuhan
- Pengertian jaringan
- Macam – macam
jaringan dan fungsinya
- Organ – organ
tumbuhan
- Sifat totipotensi
tumbuhan sebagai dasar kultur jaringan ( terlampir)
VI.
Model , Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan
Pembelajaran : Contextual Learning (CTL)
Metode Pembelajaran : Diskusi, tanya Jawab , eksperimen
Model Pembelajaran : Cooperative Learning
VII.Alat dan Bahan :
Alat :
LCD , laptop, Mikroskop
Bahan : Daun , Gambar
/ foto
VIII.
Berbasis ICT / Internet:
Free download
animasi untuk struktur jaringan tumbuhan
IX.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
Aktivitas KBM
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Orientasi
|
Guru menampilkan gambar
slide di depan kelas yang berkaitan dengan struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan
|
Siswa mencoba menyampaikan
argumentasinya tentang slide tersebut
|
Apersepsi
|
Guru meminta siswa untuk
menyebutkan beberapa contoh jaringan tumbuhan
|
Siswa memberikan
pendapatnya tentang contoh-contoh jaringan tumbuhan
|
Motivasi
|
Guru mengarahkan siswa
tentang arti penting tentang jaringan tumbuhan
|
Siswa mencatat penegasan
guru tentang arti penting jaringan tumbuhan
|
2.
Inti
Aktivitas KBM
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswaz
|
Eksplorasi
|
Guru mengarahkan siswa
untuk bekerja sama dengan mengelompokan siswa menjadi 8 kelompok yang
beranggotakan 4-5 siswa, untuk mengamati struktur jaringan tumbuhan dan
menganalisis fungsi jaringan tumbuhan tersebut
|
Siswa mengamati dan
berdisikusi serta mencatat jaringan – jaringan pada tumbuhan beserta
fungsinya
|
Elaborasi
|
Guru membimbing siswa untuk menyampaikan hasil
pengamatan yang telah mereka lakukan dengan meminta salah satu anggota
kelompok untuk mempresentasikannya.
|
Siswa berusaha
menyampaikan hasil pengamatan mereka didepan kelas dan siswa dari kelompok lain
mendengarkan dengan baik.
|
Konfirmasi
|
Guru mengarahkan siswa
untuk menyimpulkan hasil pengamatan.
|
Siswa menyimpulkan hasil
pengamatannya
|
Penutup
|
Guru membimbing siswa
merangkum konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Guru memberikan tugas
untuk mengerjakan LKS yang telah diberikan
|
Siswa menyimpulkan konsep
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan mengerjakan tugas di LKS
|
X.
Sumber dan Bahan Pembelajaran
Indonesia Bebas Internet
BalasHapusFungsi Keanekaragaman Hayati
Fungsi Jaringan Tumbuhan