Total Tayangan Halaman

Senin, 03 Maret 2014

CONTOH RPP BERVISI SETS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013




 TUGAS MATKUL PEMBELAJARAN BERVISI SETS
PASCASARJANA UNNES

Nama               : Khodaria Purboyati

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                        :  SMA
Mata Pelajaran                             :  Biologi
Kelas / Semester                           :  X1
Materi pokok                         : Struktur dan fungsi sel penyusun jaringan pada sistem pencernaan
Sub materi pokok                        : Penyakit/gangguan bioproses sistem pencernaan.
Alokasi waktu                             :  2 x 45 menit
Tahun Pelajaran                           :  2013/2014
 

A.      Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.       Kompetensi Dasar         
4.7  Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan sistem pencernaan manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Mengidentifikasi berbagai kelainan /gangguan pada sistem pencernaan
  •  Menjelaskan cara pencegahan agar tidak terjadi kelainan sistem pencernaan
  •  Menjelaskan berbagai cara pengobatan baik secara tradisional maupun modern pada gangguan pencernaan
  •   Membuat poster tentang penyakit /gangguan pada sistem pencernaan dan penyebabnya serta cara pengobatannya.
  •   Membuat skema/ bagan keterkaitan antara sains , lingkungan, teknologi dan masyarakat yang berhubungan dengan penyakit /gangguan bioproses pada sistem pencernaan 
      Karakter
  • Jujur, disiplin, tanggung jawab , peduli, toleransi, gotong royong, santun, percaya diri  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam.

D.      Tujuan Pembelajaran
  •  Siswa mampu menjelaskan kelainan /gangguan pada sistem pencernaan
  • Siswa mampu menjelaskan cara pencegahan agar tidak terjadi kelainan sistem pencernaan
  • Siswa mampu menjelaskan berbagai cara pengobatan baik secara tradisional maupun modern pada gangguan pencernaan
  • Siswa dapat  membuat poster tentang  penyakit /gangguan pada sistem pencernaan dan penyebabnya serta cara pengobatannya.
  • Siswa dapat membuat skema/ bagan keterkaitan antara sains , lingkungan, teknologi dan masyarakat yang berhubungan dengan penyakit / gangguan bioproses pada sistem pencernaan
E.       Materi Ajar (terlampir)
Penyakit/gangguan bioproses sistem pencernaan.

F.       Model/Pendekatan pembelajaran

Pendekatan pembelajaran            :  Saintifik dan SETS
Model Pembelajaran                    :  pembelajaran kooperatif


G.      Metode pembelajaran
Tanya jawab, penugasan kelompok, serta diskusi.
H.      Kegiatan

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

Pendahuluan







a.   Mengamati






b.  Menanya
Ø Guru memberi salam, menanyakan kabar dan mengajak siswa berdoa.


Ø Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran

Mengamati
-    Guru menampilkan sebuah gambar beberapa kelainan pada pencernaan kemudian guru meminta  siswa untuk mengamati gambar berbagai penyakit/ gangguan sistem pencernaan.
Menanya
Guru selanjutnya bertanya :
-    kelaianan apa saja yang ada pada gambar tersebut?
-   Mengapa bisa terjadi penyakit/gangguan tersebut?
Ø Siswa dengan santun menjawab salam guru dan melakukan doa sebelum melakukan pembelajaran.

Ø Siswa memperhatikan dan mencatat tujuan pembelajaran


Ø Siswa mengamati dengan seksama gambar yang ditampilkan oleh guru




Ø Siswa menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru dengan berbagai jawaban yang berbeda-beda
10
 Menit
Inti

a.      Mengumpulkan data






















b.      Mengasosiasikan






c.       Mengkomunikasi
Mengumpulkan data (Eksperimen/Eksplorasi)
Ø Guru mengorganisasikan siswa dalam beberapa kelompok yang beranggotakan 5 atau 6 orang.

Ø Guru meminta tiap-tiap kelompok memilih salah satu topik penyakit/gangguan pada sistem pencernaan(Topik 1 penyakit karies gigi, Topik 2 tukak lambung, Topik 3 diare, Topik 4 konstipasi dan Topik 5 kanker lambung), kemudian tiap-tiap kelompok diminta untuk menjelaskan  penyebab kelainan pada pencernaan tersebut serta bagaimana cara pengobataannya (menggunakan alat kedokteran). (kajian literatur, internet, maupun jurnal)
Ø Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok dengan cara berotasi pada setiap kelompok.

Mengasosiasikan
Ø Guru meminta siswa untuk mengaitkan beberapa permasalahan dengan pencernaan dengan konsep  yang sudah dipelajari.

Mengkomunikasikan
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka.






Ø Guru memberikan hadiah kepada kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusinya dengan baik.

Ø Guru meminta pada siswa untuk menyerahkan laporan hasil diskusi setiap kelompok.


Ø Siswa dengan disiplin membentuk kelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan.
Ø Siswa melakukan diskusi kelompok dengan saling menghargai pendapat dari setiap anggota kelompok.

















Ø Siswa dengan rasa tanggung jawab mengaitkan beberapa permasalahan dengan pencernaan dengan konsep yang sudah dipelajari


Ø Siswa mempresentasikan dengan percaya diri mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka dan kelompok yang lain memperhatikan serta dapat bertanya atau menyanggah pendapat dari kelompok yang presentasi
Ø Siswa yang mempresentasikan dengan baik mendaptkan hadiah dari guru

Ø Siswa menyerahkan laporan hasil diskusi kelompok kepada guru.
65 menit
Penutup
Ø Guru memberikan penguatan dan membetulkan beberapa konsep yang salah.
Ø Guru memandu siswa membuat kesimpulan tentang materi yang baru saja dibahas.

Ø Guru meminta masing-masing kelompok untuk melakukan wawancara dirumah  dengan penjual jamu tradisional untuk mengetahui berbagai bahan alam yang berpotensi sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan. Kemudian siswa diminta membuat bagan skema keterkaitan antara sains , lingkungan, teknologi dan masyarakat yang berhubungan dengan sistem pencernaan pada manusia serta gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan
Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru

Ø Siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari

Ø Siswa dengan rasa percaya diri mewawancara penjual jamu tradisional untuk  mengetahui berbagai bahan alam yang berpotensi sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan
Ø Siswa bekerja sama dengan kelompoknya untuk mengerjakan tugas rumah yang diberikan guru.
15 menit

    E.     Sumber Pembelajaran
1.      Buku Paket
2.      Lembar kerja Siswa
3.      Buku atau sumber ajar yang relevan
4.      Media elektronik

     F.     Produk Pembelajaran
1.      Hasil diskusi kelompok
2.      laporan pengamatan dan poster tentang kelainan pada sistem pencernaan dan cara pengobatannya serta bagan / skema keterkaitan antara sains , lingkungan, teknologi dan masyarakat yang berhubungan dengan sistem pencernaan pada manusia serta gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan
    G.    Penilaian.
          A.    Penilaian
            1. Sikap spiritual
a.       Teknik Penilaian          : Penilaian diri
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar penilaian diri
c.       Kisi-kisi                       :
No.
Sikap  / nilai
Butir Instrumen
1.
Menjaga kesehatan diri sendiri sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud pengamalan agama yang dianut

1

2. Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian          : Observasi, Penilaian diri
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Observasi, Lembar penilaian diri
c.       Kisi-kisi                       :
No.
Sikap  / nilai
Butir Instrumen
1.
Peduli lingkungan
1
2.
Kepedulian pada masyarakat
2
       Instrumen terlampir 
3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian                : tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen             : soal uraian
c.       Kisi-kisi                             :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit/gangguan bioproses pada sistem pencernaaan
Soal tertulis no.1
2.
Menjelaskan cara pencegahan agar tidak terjadi gangguan pada sistem pencernaan
Soal tertulis no.2
3.
Menuliskan cara pengobatan tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan.
Soal tertulis no.3
4.
Menjelaskan alat-alat kedokteran yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan bioproses pada sistem pencernaan.
Soal tertulis no.4

4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian                       : Observasi
b.      Bentuk Instrumen                     : Lembar observasi

c.       Kisi-kisi            :
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
1.
Menggali informasi tentang gangguan –gangguan pada sistem  pencernaan

1
2.
Mengkomunikasikan hasil diskusi tentang gangguan pada pencernaan melalui presentasi

2
    Instrumen terlampir.
Mengetahui                                                                 Semarang,    Oktober 2013    
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran
     
(_________________________)
NIP : ....................................


(_________________________)
NIP: ....................................
Lampiran 1: Penilaian Sikap spiritual
Instrumen Penilaian Diri:
Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, dalam hal menjaga kesehatan diri sendiri sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud pengamalan agama yang dianutnya.
Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap diri sendiri dalam hal  menjaga kesehatan sebagai ciptaan Tuhan merupakan pengamalan agama yang dianut.
Lembar Penilaian Diri:
No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
a.
Kebiasaan makan




b.
Kebiasaan minum




c.
Kebiasaan jajan




d.
Kebiasaan mencuci tangan




e.
Kebiasaan menggosok gigi




Rubrik Penilaian :
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
a.

Kebiasaan makan
Malas makan
Kurang dari tiga kali dengan menu kurang sehat
Makan tiga kali sehari dengan menu kurang sehat
Selalu makan tiga kali sehari dengan menu sehat
b.
Kebiasaan minum
Jarang minum
Lebih suka minum bukan air putih
Minum air putih dan minuman lainnya
Sering minum air putih (kurang lebih delapan liter sehari)
c.
Kebiasaan jajan
Sangat sering makan jajanan
Kadang-kadang jajan
Sering makan makanan di rumah, sedikit jajan.
Lebih memilih makan makanan di rumah daripada jajan di luar rumah
d.
Kebiasaan mencuci tangan
Malas mencuci tangan
Kadang-kadang mencuci tangan
Mencuci tangan sebelum makan kadang-kadang masih diingatkan
Selalu mencuci tangan sebelum makan dengan kesadaran sendiri
e.
Kebiasaan menggosok gigi
Malas menggosok gigi
Hanya menggosok gigi setelah makan atau sebelum tidur
Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur tapi masih sering diingatkan
Selalu menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan kesadaran sendiri

Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial
Instrumen Penilaian Diri:     Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian lingkungan dan kepedulian pada masyarakat.
1. Lembar Penilaian Diri: Kepedulian pada lingkungan
Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada lingkungan.
Petunjuk:
Lakukan penilaian pada diri Anda sendiri dalam hal kepedulian Anda pada lingkungan sekitar.
No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
a.
Menjaga kebersihan lingkungan




b.
Memperlakukan sampah




c.
Pelestarian tanaman bermanfaat (berpotensi sebagi obat)




Rubrik Penilaian
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
a.
Menjaga kebersihan lingkungan
Lingkungan sekeliling peserta didik tidak bersih
Lingkungan sekeliling peserta didik kurang bersih, masih sering diingatkan guru
Lingkungan sekeliling peserta didik selalu bersih, masih perlu diingatkan guru
Lingkungan sekeliling peserta didik selalu apid an bersih, dilakukan secara mandiri
b.
Memperla kukan sampah
Tidak meletakkan sampah di tempatnya
Jarang meletakkan sampah di tempat sampah
Selalu meletakkan sampah di tempat sampah namun belum sesuai jenisnya
Selalu meletakkan sampah di tempat sampah dan sesuai jenisnya
c.
Pelestarian tanaman bermanfaat (berpotensi sebagai obat)
Tidak pernah menanam tanaman yang bermanfaat
Menanam tanaman yang bermanfaat apabila di beri tugas oleh guru
Menanam tanaman yang bermanfaat namun belum mengerti cara merawatnya masih dibantu oleh orang tua
Menanam tanaman yang bermanfaat dengan kesadaran diri sendiri dan tau akan merawatnya.

2.    Lembar penilaian diri: Kepedulian pada Masyarakat
Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam hal kepedulian pada lingkungan.
Petunjuk:
Lakukan penilaian pada diri Anda sendiri dalam hal kepedulian Anda pada lingkungan sekitar.

No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
a.
Himbauan untuk hidup sehat





Rubik penilaian.
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
a.
Himbauan untuk hidup sehat
Tidak pernah mengingatkan orang lain untuk makan teratur dan mengajak orang lain menjaga kebersihan lingkungan
Jarang mengingatkan orang lain untuk makan teratur dan mengajak orang lain menjaga kebersihan lingkungan
Kadang-kadang mengingatkan orang lain untuk makan teratur dan mengajak orang lain menjaga kebersihan lingkungan
Selalu mengingatkan orang lain untuk makan teratur dan mengajak orang lain menjaga kebersihan lingkungan

Lampiran 3: Penilaian Pengetahuan

Tes Tulis:       Digunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik dalam materi pokok dampak pencemaran bagi kehidupan.

Petunjuk:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!
1.      Perhatikan Gambar berikut ini!
     a

   b.



       
 c.










Berdasarkan gambar tersebut, coba identifikasi kelainan apa yang terjadi pada gambar tersebut? Jelaskan!
2.      Kasus penyakit yang umumnya  menyerang pada anak balita adalah penyakit diare. Berdasarkan hasil survey di Negara berkembang, dilaporkan bahwa penyakit diare merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian paling umum pada kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya. Melihat kenyataan yang demikian, coba analisis faktor apa saja yang dapat menyebabkan penyakit diare? Dan jelaskan cara pencegahannya.
3.      Sebutkan tanaman apa saja yang dapat dijadikan obat dalam penanganan gangguan pada sistem pencernaan dan jelaskan alasan mengapa tanaman tersebut memiliki potensi untuk dijadikan obat dalam mengatasi gangguan tersebut?
4.      Sebut dan jelaskan alat –alat kedokteran yang digunakan untuk menangani gangguan pada pencernaan minimal 3!

Rubrik Penilaian:
No.
Jawaban
Skor Maksimal
1.
a. Kanker lambung : Kanker lambung yaitu munculnya sel-sel kanker pada lambung sebagai akibat konsumsi alkohol yang berlebihan, merokok dan sering mengkonsumsi makanan awetan.
b.karies gigi: Penyakit yang ditandai dengan adanya kerusakan pada jaringan keras gigi itu sendiri (lubang pada gigi).
c. parotitis : infeksi virus pada kelenjar parotis, kelenjar ludah yang terletak di bawah telinga.
6
2.
Faktor penyebab penyakit diare
1.   Infeksi oleh bakteri, virus (sebagian besar diare pada bayi dan anak disebabkan oleh infeksi rotavirus) atau parasit.
2.  Alergi terhadap makanan atau obat tertentu terutama antibiotik.
3.  Pada bayi saat dikenalkam MPASI seringkali memiliki efek samping diare karena perut kaget dengan makanan dan minuman yang baru dikenal lambungnya.
4.  Makan makanan yang terlalu pedas, makan makanan yang mengandung pemanis buatan
Cara pencegahan:
1. Mencuci tangan pakai sabun sebelum   makan serta buang air besar
2. Panggunaan jamban/kakus sehat
3. Buang tinja bayi atau anak di jamban
4. Menggunakan air bersih untuk memasak
5. Menjaga membersihkan lingkungan
10
3.
1.  rimpang kunir atau kunyit (Curcuma longa atau C. domestica) yang mengandung senyawa aktif kurkumin yang efektif dalam mencegah dan memperbaiki luka lambung.
2.  Daun jambu biji. Di dalam daun jambu biji mengandung senyawa tannin yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare.
3.  Daun sirih. Daun sirih mengandung minyak sirih yang dapat mmenghambat pertumbuhan mikroorganisme yang ada pada rongga mulut.
6
4.
1.  Stomach tube digunakan sebagai pengumpul getah lambung untuk membilas/mencuci isi perut dengan pemberi obat-obatan
2.  Feeding tube adalah merupakan suatu alat bantu medis yang digunakan untuk mengatasi masalah pemberian nutrisi pada pasien yang mengalami kesulitan menelan ataupun menolak untuk makan
3.  Rectal tube berfungsi untuk mengeluarkan gas-gas dari usus dan untuk membersihkan rectum.
6


Total skor maksimal
28

Kriteria penilaian
Skor yang diperoleh
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
28
 
Nilai =                                 x 100 =                                     x 100

Lampiran 4: Penilaian Ketrampilan
Penilaian Observasi:             Digunakan untuk menilai ketrampilan peserta didik dalam hal Menggali informasi tentang gangguan –gangguan pada sistem  pencernaan melalui diskusi dan mengomunikasikan hasil diskusi tentang gangguan pencernaan melalui presentasi
Lembar Observasi:
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
1.
Menggali informasi

a.
Ketrampilan mencari informasi




b.
Kerjasama anggota kelompok dalam mencari informasi




2.
Mengomunikasikan hasil diskusi




a.
Penguasaan konsep sains yang disampaikan




b.
Penampilan presenter 




c.
Tayangan presentasi







Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
1. Menggali informasi
a.
Ketrampilan mencari informasi
Tidak menggunakan referensi dalam mencari informasi
Menggunakan satu referensi dalam mencari informasi yaitu LKS
Menggunakan referensi berupa LKS dan buku paket sebagai sumber informasi
Menggunakan referensi berupa LKS dan buku paket dan jurnal sebagai sumber informasi
b.
Kerjasama anggota kelompok dalam mencari informasi

Hanya dua orang yang mencari informasi
hanya tiga orang yang mencari informasi
Hanya empat orang yang mencari informasi
Minimal lima orang yang mencari informasi
2. Mengomunikasikan hasil diskusi
a.
Penguasaan konsep sains yang disampaikan
tidak menguasai konsep IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan tidak tepat
kurang menguasai konsep IPA, istilah-istilah yang digunakan kurang tepat
menguasai konsep IPA dengan baik, istilah-istilah yang digunakan benar,
menguasai konsep IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan benar dan tepat
b.
Performance 
Penyampaian tidak mudah dipahami, tidak komunikatif dengan audiens, tidak memberi kesempatan audiens untuk berpikir
penyampaian tidak mudah dipahami, kurang komunikatif dengan audiens, kurang  memberi kesempatan audiens untuk berpikir
penyampaian mudah dipahami, komunikatif dengan audiens, kurang memberi kesempatan audiens untuk berpikir
penyampaian mudah dipahami, sangat komunikatif dengan audiens, memberi kesempatan audiens untuk berpikir
c.
Tampilan presentasi
tayangan/
tampilan tidak menarik dan tidak sesuai dengan materi
tayangan/
tampilan kurang menarik, kurang sesuai dengan materi
tayangan/
tampilan menarik, kurang sesuai dengan materi
tayangan/
tampilan sangat menarik dan sesuai dengan materi










Lampiran 5.  Lembar Kerja Siswa untuk tugas proyek.
Nama                           :          
Kelas/No                     :
Kelompok                   :
Topik diskusi               :


LEMBAR KERJA SISWA
PENGOBATAN TRADISIONAL UNTUK MENGATASI GANGGUAN PADA PENCERNAAN.
Tujuan: untuk mengetahui bahan-bahan alami (tanaman) yang dapat digunakan sebagai obat ganggua pada pencernaan
Masalah:
Gangguan pada pecernaan dapat diobati dengan obat tradisional maupun sintetik. Penggunaan obat sintetik ternyata memberikan efek samping yang tidak sedikit misalnya obat sintetik antasida, obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi tukak lambung karena berfungsi sebagai penetralisir asam lambung, namun obat ini memiliki efek samping yaitu  dapat menyebabkan sembelit, diare, dan kentut terus-menerus. Adanya efek samping yang dihasilkan oleh obat sintetik maka masyarakat mulai beralih ke pengobatan tradisional.  Pengobatan tradisional merupakan suatu pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan dari alam. Pengobatan  tradisional dipercaya oleh masyarakat memberikan efek samping yang relatif lebih sedikit dari obat sintetis. Tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan tradisioanal adalah  daun jambu biji untuk mengobati diare, rimpang kunyit untuk mengobati luka lambung dll.
Dari pernyataan tersebut maka:
1.    Tulislah sebuah pertanyaan untuk wawancara.
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Laporkan hasil wawancara yang telah dilakukan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.    Buatlah poster tentang tentang penyakit /gangguan pada sistem pencernaan dan penyebabnya serta cara pengobatannya.

Lembar Observasi:
4.     Pembuatan Poster/artikel tentang penyakit /gangguan pada sistem pencernaan dan penyebabnya serta cara pengobatannya.

No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
1.
Isi poster/artikel




2.
Tampilan




3.
Kalimat ajakan yang digunakan





Rubrik Penilaian:

Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
Isi poster
Tidak ada kalimat ajakan dan kalimat penghargaan
Ajakan tidak sesuai dengan tujuan, kalimat-kalimat penghargaan sangat sedikit
Ajakan sesuai dengan tujuan namun sulit dilakukan orang lain, kurang mencantumkan penghargaan pada orang lain
Ajakan sesuai dengan tujuan dan mudah diikuti/dilakukan oleh orang lain,
mencantumkan kalimat-kalimat penghargaan untuk masyarakat yang telah berperan dalam penelitian tersebut
Tampilan
Dibuat secara asal-asalan, tanpa konsep
Kurang menarik, ada konsep
Menarik, ada konsep namun kurang didukung dengan tampilan visual yang sesuai
Menarik sehingga  orang lain mau melihat dan membacanya
Kalimat ajakan yang digunakan
Bahasanya meniru dari buku atau sumber lain
Menggunakan bahasa yang kurang santun
Menggunakan bahasa yang santun namun kurang persuasif
Menggunakan bahasa yang santun dan persuasif






Tidak ada komentar:

Posting Komentar